Jangan lihatin AKU jadi salah tingkah nihh, cueekin aja...@ Guans82 has Post | Comment

Minggu, 19 Agustus 2012

Bruce lee / 李小龍


Nama Inggris        : Bruce lee / 李小龍
Nama Tionghoa    : 李小龍
Nama Lahir           : Lee Jun Fan
                                李振藩
Lahir TGL/Tahun  : 7 November 1940
Berat tubuh            : 135 Pon
Tinggi tubuh          : 5 1/2 kaki
Leluhur                  : Shunde, Guangdong, China
Asal                       : Hong Kong
Wafat                     : 20 Juli 1973 pada umur 32 tahun
Makam                   : Seattle, Washington, USA (Kuburan Lakeview)        
Orang tua               : Lee Hoi-chuen (1901-1965)
                                Grace Ho  ibunya campuran cina & jerman.   
Pasangan hidup      : Linda Emery (born 1945) (1964-1973)
Anak                       : Brandon Lee (1965–1993), Shannon Lee (born 1969).

Brandon Lee


Brandon  Lee adalah seorang aktor dan seniman bela diri Amerika. Lee lahir di Oakland, California pada tanggal 1 Februari 1965. Dia adalah anak dari aktor bela diri Bruce Lee dan ibunya bernama Linda Emery.

Brandon Lee dan keluarganya pindah ke Hongkong pada tahun 1995. Dia bersekolah di SMA Bishop Montgomery yang terletak di Torrance. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke Emerson College, Boston, Massachusettes untuk mempelajari tentang teater.

Kematian Brandon Lee pada 31 Maret 1993 terjadi karena kecelakaan dalam penggunaan peluru.

Bruce lee


Sang legenda pendiri perguruan Jeet Kune Do lahir pada Tahun 1940 adalah tahun naga, pada tahun itu di suatu rumah sakit di San Fransisco lahirlah Lee Hsiao Lung. Dokter yang menangani kelahiran bayi itu, memberinya nama Inggris, Bruce lee.

Saat berusia 6 tahun Bruce  sudah berakting untuk pertama kalinya dalam film berjudul “A Beginning Of A Boy”. ia mengikuti jejak ayah di dunia akting.

Tahun 1955, Bruce Lee pada saat  berusia 13 tahun mengangkat Ye Wen sebagai guru dan mempelajari ilmu silat Yong Chun. Meskipun Bruce Lee masih bocah, tetapi sepenuh hati dalam berlatih. Ia membuat sebuah orang-orangan dari balok-kayu di dalam rumahnya dan berlatih setiap hari tak kenal lelah menghadapi si balok kayu dan   Ia juga menekuni Qi Gong (Chi kung = ilmu tenaga dalam) dan Ying Gong (Ilmu kanuragan).

Tahun 60-an, ia telah menciptakan ilmu bela diri yang gerakannya mengalir lincah yang disebut “Jie Quan Dao (Terkenal dengan Jeet Kune Do)”.

Pada saat itu Bruce Lee telah menguasai ilmu sesungguhnya, suka menantang orang lain, juga  sering bikin onar sering trlibat perkelahian d ijalan umum,Polisi memberi peringatan kepada ibunya jika Bruce tidak menghentikan ulahnya maka ia akan ditahan. Lalu ayahnya membuat keputusan untuk mengirim Bruce ke Amerika agar menjadi orang yang lebih bertanggung jawab.Dengan berbekal 100 US$ berangkatlah ia ke tanah kelahirannya San Fransisco dengan kapal laut. Dalam perjalanan Bruce masih sempat mencari uang dengan memberi kursus tari cha-cha.
Di daerah San Fransisco, Bruce dititipkan kepada teman ayahnya, Ruby Chow, pemilik sebuah restoran. Bruce juga akhirnya  bekerja di restoran tersebut. Setelah menyelesaikan SMA, Bruce masih giat berlatih untuk menguatkan fisiknya.

Bruce lee  pun kemudian memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Seattle dan mengambil jurusan filsafat. Di universitas tersebut ia membaur dengan sesama teman dari Asia bernama Taki Kimura pernah mengalami beberapa serangan . Didasari belas kasihan, Bruce memotivasi Kimura untuk meningkatkan harga dirinya dengan cara melatih dia seni beladiri. setelah itu dalam waktu beberapa lama sekolah seni beladiri kungfu itu pun berdiri. Sekolah ini terbuka untuk umum atau bagi siapa saja yang berminat. Berbeda sekali dengan di Hong Kong. Di Hong Kong, kung fu adalah ilmu rahasia yang tidak boleh sembarangan diajarkan kepada orang. Hanya orang terhormat saja yang boleh mempelajari kung fu.

Tahun 1961 ia berjumpa dengan seorang gadis bernama Linda Emery. Mereka jatuh cinta, menikah, lalu lahirlah Brandon disusul Shannon dua tahun kemudian.

Tahun 1964, dalam suatu turnamen karate, Bruce mendemonstrasikan jurus pukulan satu inchi yang legendaris. Seorang producer acara televisi sangat terkesan dengan penampilan Bruce yang penuh intensitas dan konsentrasi. Lalu ia melakukan pendekatan pada pihak Bruce Lee. Setelah melalui screening test, akhirnya Bruce mendapat peran sebagai kato dalam film Green Hornet. Kato hanyalah peran pembantu dalam film itu, namun popularitasnya mengalahkan peran utamanya, terlebih di Hong Kong

Van Williams, bintang utama Green Hornet, menceritakan tentang banyaknya stunt-man terluka karena gerakan Bruce, akibatnya sukar mencari stunt-man yang bersedia bekerja dengan Bruce. Bruce juga memiliki gerakan yang teramat cepat untuk ditangkap oleh kamera sehingga Bruce terpaksa memperlambat pergerakannya.

Bruce Lee dimakamkan di samping makam anaknya


Pada tanggal 20 Juli tahun 1973 Bruce Lee meninggal secara mendadak, penyebab kematiannya hingga kini masih misterius. Sesuai berita, kala itu di dalam tubuhnya terdapat endapan bahan mariyuana.fakta medis dokter mengatakan Bruce meninggal setelah mengalami koma karena Cerebral Edema, pembengkakan otak karena cairan yang berlebih.

Setelah Bruce  menjadi orang terkenal di dunia perfilman, bruce bekerja keras siang-malam. Popularitasnya diperoleh terlalu cepat, secara psikologis tak mampu diselaraskan. Ditambah lagi ia seringkali mengandalkan asupan doping, spiritnya lambat laun terperosok ke dalam kondisi tidak normal.

 DAFTAR JUDUL FILM:
1941 Golden Gate Girl 金門女
1946 The Birth of Mankind
1948 Wealth is Like a Dream 富貴浮雲
1949 Sai See in the Dream 夢裡西施
1950 The Kid 細路祥
1951 Infancy 人之初
1953 A Myriad Homes 千萬人家
         Blame it on Father 父之過
         The Guiding Light 苦海明燈
         A Mother's Tears 慈母淚
         In the Face of Demolition 危樓春曉

1955 An Orphan's Tragedy 孤星血淚
         Orphan's Song 孤兒行
         Love 愛
         Love Part 2 愛(下集)
         We Owe It to Our Children 兒女債

1956 The Wise Guys Who Fool Around 詐痲納福
         Too Late For Divorce 早知當初我唔嫁
1957 The Thunderstorm 雷雨

         Darling Girl 甜姐兒
1960 The Orphan 人海孤鴻
1966 The Green Hornet 青蜂侠
1969 Marlowe 醜聞喋血
         The Wrecking Crew 風流特務勇破迷魂陣

1970 A Walk in the Spring Rain 春雨漫步
1971 The Big Boss 唐山大兄
1972 Fist of Fury 精武門
         Fist of Unicorn 麒麟掌
         Way of the Dragon 猛龍過江
         The Game of Death 死亡的遊戲

1973 Enter the Dragon 龍爭虎鬥
1978 Game of Death 死亡遊戲 Versi Hongkong
1981 Game of Death II 死亡塔 Versi Amerika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar