Jangan lihatin AKU jadi salah tingkah nihh, cueekin aja...@ Guans82 has Post | Comment

Minggu, 12 Agustus 2012

Operasi pergantian jenis kelamin di Thailand



para transgender tak perlu mengganti data jenis kelamin pada kartu tanda penduduknya.
banyak warga lokal dan  warga negara asing pergi ke Thailand untuk melakukan operasi pergantian jenis kelamin.
Mereka berkonsultasi terlebih dahulu dengan penyedia jasa operasi untuk menunjukkan keseriusannya. Sebab, pergantian jenis kelamin dari laki-laki menjadi perempuan itu tidak bisa dikembalikan lagi.
jika sudah memenuhi syarat  operasi bisa dilakukan dengan biaya mulai 100.000 baht atau sekitar 30 juta  hingga 200.000 baht atau sekitar Rp 60 juta. Besar atau kecilnya biaya tergantung kesulitan yang harus dihadapi dokter.Biaya operasi tersebut belum termasuk berubah bagian tubuh yang lain seperti dada , bentuk kaki dan wajah itu pun harus menyediakan dana lebih besar lagi.
"Para transgender dioperasi tak perlu mengganti  jenis kelamin pada kartu tanda penduduknya,"  Identitas transjender tetap dianggap sebagai laki-laki.apabila  setelah dioperasi mereka harus ke toilet perempuan jika hendak buang air. "meningkatnya transgender di thailand semakin banyak di temukan di tempat umum.
Bahkan, masyarakat Jepang dan Korea Selatan yang berminat menjalani operasi , datang ke Thailand. "Di sini, ada dua rumah sakit yang memiliki spesialisasi operasi transgender.
Pada dasawarsa 1990-an, transjender masih dianggap aneh, bahkan pelakunya kerap menghadapi diskriminasi dan pelecehan. para transgender agak kesulitan saat melamar perkerjaan karena di sebabkan kepribadian sensitif mereka.
Seiring waktu berjalan , penilaian masyarakat berubah. " tempo dulu orangtua yang anaknya ingin melakukan operasi transgender merasa malu, akan tetapi pada zaman sekarang biasa-biasa saja,"
tetapi ada beberapa wilayah yang belum terbiasa atas kehadiran  transgender
Transgender di thailand kini banyak bekerja di bidang perawatan tubuh dan kecantikan. Mereka bahkan dipertimbangkan lebih mahir dibandingkan perempuan asli.
"Selama ini  belum ada kasus kematian karena operasi transgender. Kalau ada, itu disebabkan ketidakdisiplinan atau meminum vitamin secara berlebihan, karena overdosis vitamin dan terlalu banyak menggunakan hormon bisa menyebabkan kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar